Halo bloggers untuk saat ini saya akan mereview tentang psikolog pelayanan dalam sebuah industri maupun pariwisata
Pariwisata
apa sih yang anda ketahui tentang pariwisata ?
Pariwisata itu,
yang sering dikenal sebagai travel untuk menuju objek wisata yang berkaitan dengan suatu tujuan untuk mendapatkan hiburan ataupun refreshing, bisa juga dilakukan dalam sendirian maupun didalam kelompok atau beramaian misalnya bersama teman" atau keluarga. Didalam pariwisata itu juga ada berbagai macam suku dan sejarahnya di setiap masing" objek wisata
Psikolog Pelayanan
Psikolog dan pelayanan adalah ilmu pengetahuan yang diajarkan untuk mengetahui sifat dan perilaku manusia, Psikolog berasal dari kata psyche = jiwa, dan logos = ilmu pengetahuan
Tentunya didalam pariwisata juga memerlukan psikolog pelayanan yang baik karena produk wisata merupakan suatu produk yang bersifat jasa seperti :
1. Aksesibilitas adalah kemudahan para wisatawan untuk mencapai suatu objek dengan mudah.
2. Fasilitas wisata adalah suatu tempat pariwisata juga perlu memiliki fasilitas yang dibutuhkan agar lancar dalam melaksanakan suatu perjalanan.
3. Aktivitas wisata adalah segala kegiatan yang dilakukan wisatawan pada saat kegiatan berlangsung dan juga aktivitas ini bisa dilakukan di luar maupun di dalam untuk menarik daya tark pariwisata
4. Objek wisata adalah suatu tempat dimana para wisatam ingin berkunjung
5. Daya tarik wisata adalah suatu tempat yang memiliki keindahan alami, ciri khas,sejarahnya tersendiri
Tentunya kita ingin dong banyak sekali tourist/wisatawan luar negeri menyukai negara kita dan ingin sekali berpergian ke negara dan pulang dengan perasaan yang luar biasa sehingga ingin lagi dan lagi berwisata ke negara kita??? pastinya iya :D karena pasti semua orang ini negaranya dikenal baik oleh semua orang dan tentunya melewati pariwisata di negeri indonesia ini, maka itu indonesia perlu meningkatan negrinya terutama dibidang pariwisata dan pelayanan yang baik karena hampir semua orang butuh hiburan dan pelayanan yang baik,
Apalagi saat ini banyak sekali tantangan di indonesia seperti Global, Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan Asean Free Trade Area (AFTA). MEA yang disebut dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN ingin memiliki target untuk mewujudkan wawasan ASEAN pada tahun 2020 , sedangkan AFTA lebih ke untuk membentuk suatu kawasan bebas perdangangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia maka itu diperlukan kebijakan negara yang pro dan kontra dari Pemerintah . Bayangkan kompetensi lulusan SI di indonesia saat tahun 2014 hanya mencapai 7% sedangkan korea mencapai 30% dan kualiatas lulusan yang sangat rendah itu juga menghambat berkembangan negara indonesia ini. Negara kita itu memiliki beribu" pulau yang tidak terhitung dan juga tidak banyak diminati banyak tourist padahal indonesia memiliki banyak suku budaya yang beragam tetapi sayangnya para pemuda/i indonesia tidak terlalu tertarik pada budaya sejarah sendiri mereka lebih tertarik dengan budaya luar yang lebih modern. jadi intinya adalah "kompetensi itu bukan keahlian atau ketrampilan tapi attitide yang mengambil peran penting dalam berperilaku dan juga tidak cenderung digunakan untuk pekerja ahli karena pelayan sangat penting digunakan untuk meningkatkan sebuah nilai penjualan (added value)"
Karakteristik Jasa
Dalam suatu pelayanan psikolog juga ada yang disebut karakteristik jasa agar memenuhi kebutuhan dan kepuasan para wisatawan. Karakteristik Jasa dan juga memiliki berbagai macam yaitu:
1. Tidak nyata (intagible) tidak terbentuk, dapat dirasakan melalui proses pelayanan. contohnya trade & goodwill (tidak terbatas) dan hak patent, hak cipta, franchise (terbatas)
2. Heterogen yaitu tidak ada output penyampaian jasa yang sama
3. Tak terpisahkan (inseperable) adalah produksi dan konsumsi dilakukan pada waktu bersamaan, ditentukan oleh kuantitas interaksi (moment of truth).
4. Perishability (ketidak tahan lamaan) adalah jasa tidak dapat disimpan habis setelah disampaikan.
Service Excellence in Hospitality
Dalam sebuah pelayanan tentu memiliki Servie Excellence in Hospitality yang berarti kalian harus mempusatkan diri kalian kepada wisatawan karena saat itu mereka lah yang paling diutamakan, berikan juga pelayan yang efesien yaitu pelayan yang terbaik yang dapat memuaskan para kebutuhan wisatawan. Kan mana ada wisatawan yang menginginkan pelayan terburuk yang ada mereka lagsung mengatakan, what was that? it was the nasty place i ever come xD. Bila perlu jalin hubungan yang baik dengan mereka, yah berarti harus easy going kalau kalian pemalu" susah menjalinkannya susah dan jelaskan informasi yang diberikan sebaik mungkin bila perlu jlaskan pelayan yang diperlukan dari perusahaan karena foreign people itu sensitive tidak seperti orang indonesia yang pasrah apa adanya Lol
Pengertian Psikologi
,Pengertian Psikologi adalah mempelajari bidang ilmu pengetahuan tentang berbagai sifat & perilaku mental manusia. Maka psikologi penting sekali bagi kita karena setiap manusia diciptakan sebagai mahluk sosial yang berhubungan satu sama lainnya karena dengan mempelejari psikologi kita dapat memahami perilaku manusia dan berinteraksi dengan lingkungan. ini dia ruang lingkup psikolog :
Aktivitas lognetif
aktivitas yang berhubungan dengan daya kerja otak atau pikiran seperti, mengamati, menilai, memberikan pendapat.
Aktivitas Akfetif
Aktivitas yang berkaitan dengan perasaan seperti emosi, senang, marah, gembira
Aktivitas Psikomotoris
Aktivitas Psikomotoris yaitu aktivitas individu yang berkaitan dengan organ" tubuh manusia, seperti berlari, menari tertawa dsb.dan maksudnya itu untuk dapat memahami, mempresdiksi, dan mengubah perilaku seseorang.
Pengertian Pelayanan
Pelayanan saat ini sangat di butuhkan para seseorang agar membuat pelanggagan merasa sangat puas, Pengertian pelayanan adalah proses interaksi antara seseorang yang berupaya memenuhi kebutuhan seseorang yang ingin terpenuhi kebutuhannya yaitu antar pelanggan, tamu, nasabah, pasien, para petugas, karyawan, dan pegawai. Sangat penting sekali pelayanan di dunia industri dan industri pariwisata karena yang disebut dengan tamu/ pelanggan alias raja jadi demi kepuasan mereka kita sebagai pekerja harus memberikan pelayanan yang baik demi kepuasan dan kenyamanan pelanggan/tamu
Didalam pelayanan ada isitilah SERVICE untuk melayani pelanggan/tamu yaitu :
S = Smile For Everyone
E = Excellent in everything we do
R = Reaching out to every guest with
V = Viewing every guest as special
I = Inviting guest to return
C = Controlling is very important
E = Eye contact that show we are
Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya tamu yang akan kita hadapi nanti.
Hal- hal yang diperhatikan dalam memberikan pelayanan
1. Membangun citra positif
2. Berusaha mengerti terlebih dahulu
3. Mengenal karakter pelanggan
Perilaku manusia dan Faktor Pembentuk
Faktor pembentuk:
1. Keturuanan/Hereditas Inteligensi dan Emosi, yang dimana perilaku tsb sudah mempunyai kemiripan/ keturuanan dari orangtuanya
2. Lingkungan, Perilaku yang terbentuk dalam kehidupan dilingkungannya sehari" seperti pergaulan
3. Kematangan (kognitif,afektif,psikomoritik sosial), seperti yang dijelaskan diatas
Emosi
Setiap manusia pasti memiliki emosi, Emosi adalah intens yang ditunjukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi adalah reaksi terhadap suatu atau kejadian dapat ditunjukan pada saat marah, senang, sedih, maupun saat takut akan sesuatu yang dihadapinya.
Kata "emosi diturunkan dari bahasa prancis emotion dan emouvoir, kebanyakan para ahli yakin bahwa emosi cepat berlalu dibandingkan suasana hati cth bila seseorang merasa marah pasti ia akan berbuat tindakan kasar tanpa terkontrol dirinya dengan baik.. perasaan intens kemarahan tersebut mungkin akan datang dan pergi biasanya merasa bahwa kita memiliki perasaan yang tidak enak untuk beberapa jam kedepan
Aspek emosi dalam kepridaian.
pastinya setiap orang pernah merasakan gembira, sedih maupun kesal terhadap sesuatu dan pastinya ada hal"/sesuatu yang terjadi pada diri kita yang menggambarkan emosi kita.
Manusia dan Kebutuhan
setiap mahluk hidup (manusia) ataupun setiap individu pasti memiliki tingkat kebutuhan tertinggi dan terendah karena setiap individu pasti berbeda-beda. dan bila kebutuhan rendah terpenuhi maka kebutuhan tertinggi akan terpenuhi juga by.Maslow
Maslow's Hierachy Of Needs
didalama maslow terdapat 5 kategori berdasarkan kebutuhan dalam diri seseorang yaitu
1. Physiological Needs (kebutuhan fisiologis) adalah kebutuhan yang paling diutamakan manusia dalam kehidupan sehari- hari kehidupan ini tidak dapat ditunda" dan sangatlah penting Contohnya : makan, minum. tidur, rumah bernafas, dsb
2. Safety Needs adalah kebutuhan ini biasanya muncul setalah kebutuhan pertama terpenuhi seperti istilah kebutuhan yang wajib juga untuk kehidupan seseorang seperti jaminan kesehatan dan pekerjaan
3. Belonging social needs adalah apalagi kebutuhan kedua tersebut terpenuhi biasanya manusia ingin melakukan sosial kepada orang" agar mereka dapat menjalin kan hubungan yang baik dengan orang" seperti menjadi teman atau sahabat karena manusia tidak dapar hidup sendirian
4. Esteem Needs adalah ketika manusia sudah berinteraksi dengan yang lain biasanya dia ingin menjadi pusat perhatian, ingin mendapatkan penghargaan, serta diakui keahlian dalam kemampuannya melakukan suatu hal
5. Self Actualization Needs (kebutuhan aktualisasi diri) aktualisasi diri merupakan tingkatan tertinggi didalam diri manusia menurut Maslow's Hierarchy of Needs. Pada tingkatan ini. sesungguhnya mempunyai hubunggan yang sangat erat dengan proses pengembangan diri maupun potensi yang dimiliki seseorang. Kebutuhan untuk menunjukan potensi, kelebihan, keahlian, skill maupun ilmu yang dimiliki seseorang. Didalam self actualization, manusia cenderung mengalami peningkatan didalam dirinya
Social Motives
social motives terdiri dari 3 bentuk kaya yaitu :
1. Power, power biasanya sifat ini memiliki sifat percaya diri yang kuat, ia tidak ingin dikalahkan oleh orang lain dan ingin dirinya terkenal dan juga ingin menguasai hal apapun
2. Achievement, sifat orang dengan achievement biasanya dia lebih mementingkan suatu prestasi dan nilai, ia adalah orang yang rajin tetapi lebih suka menyendiri untuk belajar
dan orang ini adalah orang yang bertanggung jawab dan kreatif
3. Affliliation, sifat yang ketiga ini adalah sifat nya suka bergaul sama siapa saja, lebih mementingkan kebahagiaan bersama teman
Faktor yang mempengaruhi Motivasi antara lain :
- Harapan orang lain
- Pengalaman
- Latar belakang budaya
- Model tingkah laku
- Status sosial ekonomi
- Lingkungan
Karakterisitik Motif
- Ekspresi Motif berbeda
- Motif sama perilaku berbeda
- Motif berbeda perilaku sama
- Motif dan perilaku tidak sama
Itulah dia betapa pentingnya pelayanan dan psikolog dalam pariwisata maupun insdustri
tetapi barangkali banyak sekali kasus saat saya melakukan sebuah travel saya pergi kesuatu tempat misalnya waktu saya pergi liburan ke telaga warna didaerah puncak, disana saya dapat melihat betapa indahnya sebuah danau disertai dengan pohon" yang mengelilinginya tetapi disisi lain banyak sekali para staff yang tidak memikirkan
pengunjungnya seperti ada seekor monkey yang suka menjambret apa yang kita pegang lol , pada saat itu saya pergi travel bersama teman" angkatan saya smk, belum lama sih baru sekitar 4 bulan yang lalu. i'm sorry to say that disana sangat kacau untuk para staffnya especially untuk para penjual souvenirnya, aku tidak bilang bahwa disana tidak bagus disana itu tempat yang indah, but yang pasti menurut saya pariwisata di indonesia itu sangat banyak perlu untuk dikembangkan lagi agar tidak kalah dengan pariwisata yang berada diluar negeri, karena banyak sekali aspek" tempat wisata yang jarang dikunjungin wisatawan dan diketahuin para wisatawan, objek tersebut perlu sekali untuk dikembangkan. :)))
Nah itulah guys pembahasan tentanh psikolog dan pelayanan yang saya ketahui dan ini adalah pertama kali saya menulis sebuah blogger, intinya adalah setiap industri apapun pasti sangat memerlukan sebuah psikologi pelayanan yang tentunya menunjang kinerja tersebut.
Sedikit itulah ulasan dari saya, semoga bermanfaat :))))
Tidak ada komentar:
Posting Komentar