Sabtu, 08 Oktober 2016

Ethics

Hallo semua para pembaca blogku. kali ini aku akan membahas tentang etika dalam suatu pekerjaan, so mari kita bahas bersama.





Ok, jadi  Etika itu bisa disebut Ethics dalam bahasa yunani, jadi apa sih ethics itu?
Ethics berasal dari bahasa Yunani yang disebut ethikos yang berarti character, kata lain dari ethics adalah morality, Morality lebih mempelajarakan hal" yang benar dan salah, sedangkan ethics lebih kepada perilaku seseorang 

Jadi apa itu pengertian dari Ethics ??
Ethics atau yang disebut etika adalah sikap atau perliraku seseorang terhadap lingkungan pekerjaannya yang mempelajari nilai yang berkualitas yang moral yang tinggi dan tentunya etika yang baik akan mengambarkan perilaku seseorang dalam lingkungan pekerjaannya, Dan didalam etika juga ada berbagai macam konsep yang perlu diterapkan dalam dirinya seperti baik , benar, tanggung jawab, kerjasama yang baik, konsisten dalam megambil keputusan, idependensi, 
keyakinan,, disiplin, loyalitas, kejujuran 

Hasil gambar untuk ethics



Sekarang mari kita bahas berbagai macam konsep yang diperlukan dalam etika pekerjaan yang telah saya  sebutkan diatas

Hasil gambar untuk ethics

1. bekerja dengan Baik.
 Tentu jika anda berperilaku dan bersikap baik belum tentu anda benar dan juga sama dengan kebalikannya misalnya dalam sebuah pt dengan cara  pembagian kerja sama dalam membuat suatu itu yang disebut dengan baik dalam sebuat etika, maka itu tindakan baik adalah langkah utama untuk membuat anda menjadi benar.
2. Bekerja dengan Benar,
 Nah ini juga hampir sama dengan baik, akan tetapi jika anda benar belum tentu anda baik maka dalam memproses suatu pekerjaan diperlukan tenaga kerja yang baik agar semua tetap berlajan sesuai keinginan jadi dua ini baik dan benar saling terngantung satu sama lain 
3. Tanggung Jawab 
Banyak akhir" ini orang kurang perduli secara fisik maupun non fisik seperti yang dilakukan saat dalam lingkungan pekerjaan, ini bisa di artikan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang dilakukan dengan sengaja ataupun tidak sengaja yang menjadi sebuah kewajiban diri masing- masing 
4. Kerja Sama yang baik 
Kerjasama merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh para pekerja atau kelompok untuk menciptakan suatu yang dimimpikan atau untuk menciptakan suatu kebutuhan baru agar dapat mencapai tujuan bersama. Kerja sama yang baik dan bagus juga tentunya dapat meningkatkan hubungan antara setiap orangnya dan juga akan mendapatkan keuntungan bagi siapa yang ikut dalam kerja sama
5. Konsisten dalam keputusan 
Sebagai karyawan yang mempunyai etika yang baik, tentunya harus konsisten dalam mengambil sebuah keputusan biasakan jangan bertindak labil seperti anak", jadi biasakan pikirkan matang" sebelum mengambil keputusan karena keputusan yang anda akan ambil itu berarti sebuah tindakan yang akan berlanjut ke depannya (future)
6. Idependensi dan Objektivitas 
Anda harus mempertahankan objektivitas dan bebas dari benturan kepentingan dalam melakukan tanggung jawab profesional, Misalnya sebagai seorang Akuntan dalam sebuah Pt, tentunya harus bersikap independent dalam melakukan audit dan jasa atestasi
7. Keyakinan 
Suatu sikap yang ditunjukan manusia saat ia merasa cukup tahu dan meyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai sebuah kebenaran, contohnya seperti saya sedang menulis blog ini saya yakin tentang apa yang saya ketahui mengenai Etika maka itu saya share untuk meyimpulkan apa yang saya ketahui :), Keyakinan itu sebuah sikap bukan sebuah sejarah atau teori jadi tidak tentu sebuah keyakinan dapat diartikan benar. 
8. Displin 
Disiplin ini merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai- nilai peraturan yang ditetapkan dalam suatu pekerjaan yang menjadi tanggung jawab dan pastinya wajib ditaati para pekerja karena agar tercipta suatu pekerjaan yang baik 
9. Loyalitas 
Ok, yang terkahir ini adalah loyalitas jadi loyalitas itu kesetiaan dalam bekerja yang harus dimiliki para pekerja/karyawan demi meningkatan kualitas karyawan itu sendiri, sikap ini tidak dapat dibeli dengan uang maka itu kesetiaan pioritas karyawan sangat diutamakan didalam suatu perusahaan 
10. Kejujuran 
Nah ini yang menurut saya juga paling penting yaitu kejujuran, karena dengan bersikap jujur pekerjaan pun akan awet dan semua tindakan yang kita lakukan dapat dipercaya oleh bos ataupun co-workers disana, karena kejujuran itu sikap yang tidak bisa setiap orang baca, tetapi jika anda tidak jujur maka mereka jadi sulit untuk peraya kepada anda lagi dan pstinya meningkatkan etika yang sangat berkualitas bagi para pekerja 


Jadi Etika adalah nilai - nilai dan norma - normal moral yang menjadi pengangan bagi sesorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya - K.Bertens 



Nah guys itu lah sedikit kesimpulan saya mengenai etika kerja, semoga point" dan inti tersebut dapat diatasi para kalian pemembaca blog ku agar meningkatakan etika dalam perkerjaan kalian, jika ada kata yang kurang atau salah mohon dimaafkan, sekian dari saya terimakasih :) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar