Kali ini aku akan mendiskusi tentang artinya complaint dalam sebuah pelayanan, yuk mari kita simak bersama
Kata komplain sendiri bermakna "keluhan" yang artinya berdasarkan atas wujub ketidakpuasan atas pelayan jasa maupun produk yang kita berikan dan tidak sesuai dengan tujuan mereka sehingga adanya komplain
Lalu kenapa complaint bisa dijadikan hadiah ??
Karena didalam sebuah komplain yang kita dapatkan dari para pelanggan kita, maka kita dapat mengetahui apa kekurangan yang ada dalam pelayanan kita berikan karena dengan adanya komplain kita dapat lebih mempelajari hal" yang tidak diketahui sebelumnya dan dapat dikembangkan jauh lebih baik lagi, maka itu kata komplain berkesan hadiah yang menarik,
Maka itu jika kita mendapatkan komplain pasti kita peka dengan ucapan negatif yang mereka katakan, tapi disamping itu jangan diambil sisi negatifnya aja, jangan juga diambil hati (baper) tetapi jadikan itu sebuah pelajaran buat diri anda!.. Contoh seperti seorang pelayan di sebuah restoran dia kurang memberikan pelayan yang baik seperti kurang ramah, kurang senyum, maupun kurang perhatian terhadap pelanggannya, maka dengan adanya komplain dari para pelanggan tadi si pemberi pelayan itu akan mengintropeksi dirinya bahwa dirinya terlalu cuek dan kurang ramah dalam pelayanan sehingga ia tentunya ingin mengembangkan agar membuat pekerjaan lebih baik lagi, sehingga dapat membuat para pelanggan senang dan mengkomentar sifat" positif kepada pelayan maupun restorannya. tentunya masing - masing akan mendapat keuntungan ..
Nah aku ada tips untuk menanganinya nih , Jadi cara menangani komplain maka anda harus menyangkal diri anda dengan mereka, meskipun anda mengetahui diri anda yang benar ataupun sebaliknya, selalu akuilah bahwa mereka yang selalu bernar, karena sangkalan diri itu dapat menjadi kan keikhlasan dalam memberikan sebuah pelayanan ..
Jadi itu guys arti komplain yang saya ketahui, dan terima kasih telah membaca blog ini :)
God always bless you..
..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar